Jelang UKW XXII, PWI Gratiskan Kouta 50 Persen

Img 20200218 Wa0012

Harianwarna.ID, Bandar Lampung – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke XXII kembali akan digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung. Rencananya, kegiatan tersebut dilaksanakan pada 26-28 Maret 2020.

Penetapan jadwal UKW ini, adalah hasil rapat pengurus yang digelar di Balai Solfian Akhmad (markas PWI Lampung) Selasa (18/2/2020). Sekaligus memutuskan Kepala Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) Lampung, Andi Pandjaitan sebagai Ketua Pelaksana UKW ke XXII.

Menurut Ketua PWI Lampung, Supriyadi Alfian, penggratisan 50 persen kuota peserta itu untuk memfasilitasi wartawan yang ingin berkompeten, namun tidak memiliki biaya pendaftaran untuk ikut UKW.

”Ini wujud kepedulian PWI agar jumlah wartawan di Lampung yang berkompeten terus bertambah,” katanya.

Dia juga menjelaskan, kuota gratis 50 persen itu hanya diperuntukkan bagi wartawan yang selama ini bertugas meliput di Pemprov Lampung.

”Selain anggota PWI, Kuota gratis 50 persen juga diberikan bagi wartawan yang tergabung di organisasi profesi wartawan lainnya. Syaratnya, sehari-hari dia bertugas meliput di Pemprov Lampung,” jelas Supriyadi.

Sementara, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Lampung Wirahadikusumah mengatakan, persiapan jelang kegiatan telah dilakukan. Untuk jumlah peserta, kuota yang disediakan adalah 30 orang. Karenanya, 15 peserta akan digratiskan biaya pendaftarannya.

”Namun tidak menutup kemungkinan kuota ditambah menjadi 60 peserta terbagi menjadi dua kelas. Bergantung jumlah pendaftarnya nanti,” jelasnya.

UKW sendiri, kata Wira, akan dibuka menjadi tiga kategori. Yakni muda dengan biaya pendaftaran sebesar Rp1.250.000, madya (Rp1,5 juta), dan utama (Rp2.250 juta).

”Sama seperti tahun lalu, UKW akan digelar selama tiga hari. Hari pertama digelar Pra UKW, kemudian dua hari berikutnya pelaksanaan ujian,” pungkasnya.(rls)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *