ODP Lampura Munurun, Ini Penjelasannya

Img 20200401 161510

Harianwarna.ID, KOTABUMI – Alhamdulillah, Dari 39 Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada 2 ODP yang sudah selesai masa pemantauan. Sehingga jumlah ODP Lampung Utara saat ini, berkurang menjadi 37 orang dan dapat dilihat di website satgas Pemkab Lampura covid.lampungutarakab.go.id. Demikian yang disampaikan Ketua Satgas Lampung Utara, dr. Maya Mettisa, Rabu (1/4/2020).

Data ke 2 ODP ini diterimanya pada Rabu pagi, pukul 07.00 WIB dari jajaran Dinas Kesehatan.

”Datanya kita dapatkan pagi tadi, syukurlah ODP kita berkurang. Ini kabar menggembirakan buat kita,” kata Maya.

Keterangan Gambar : info grafis Lampung Utara tanggap Covid-19.

Dijelaskannya, diantara kecamatan ada pengurangan dan penambahan seperti, Kecamatan Abung Selatan : -1, Abung Timur : +2, Bukit Kemuning :+2, Blmbangan Pagar : -2, Sungkai Jaya : +2, Kotabumi : -1, Kotabumi Utara : -2, Tanjung Raja :-2.”Itulah kondisinya, ada yang berkurang dan ada yang bertambah. Tapi secara umum, ada penurunan menjadi 37 ODP,” jelas Maya.

Disamping itu juga kata dia, situs Satgas Tanggap Virus Corona Pemkab Lampung Utara, menjelaskan apa sebenarnya ODP.. Yang dimaksud ODP kata Maya, adalah Orang Dalam Pemantauan virus corona. Kategori ODP diantaranya, orang yang mengalami gejala demam lebih dari 38 derajat celcius atau ada riwayat demam atau ISPA tanpa pneumonia. Serta memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala.

Sementara PDP adalah, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona. Syarat PDP yakni orang mengalami gejala demam tinggi lebih dari 38 derajat celcius atau ada riwayat demam, ISPA, pneumonia ringan hingga berat. Selain itu memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit atau kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif virus corona.

“Jadi semua terkait dengan covid-19, sudah bisa dilihat. Baik data ODP, PDP, ataupun semua definisinya. Harapan kita, semua sumber satu pintu. Ini menghindari berita hoax, yang membuat kepanikan masyarakat,” pungkasnya. (*)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *