Terkait Kursi Wabup, Kader Pengusung Banyak Dan Komitmen

Img 20201111 Wa0077

Harianwarna.ID, Lampung Utara – Pasca telah di bukanya wacana pengisian kekosongan kursi Wakil.Bupati yang baru saja di tinggalkan H. Budi Utomo, SE, MM, setelah di lantik menjadi bupati Lampung Utara, dengan sisa masa jabatan 2019-2024, banyak nama-nama bakal calon wakil bupati (bacawabup).  Baik dari internal, maupun eksternal  partai pemgusung.

Namun demikian, ada hal.yang harus di fahami oleh masyarakat lampung utara. Meski kekosongan kursi wabup ini milik masyarakat, tentunya ada proses atau tahapan demi mendapat rekomendasi dari 4 partai pengusung. Dan imi berlaku, bagi semua bacawabup baik internal atau eksternal partai pengusung.

Dilemanya lagi, jika bacawabup dari eksternal partai pengusung. Artinya, telah terjadi krisis kader dari 4 partai tersebut. Tapi, tidak menutup kemungkinan hal ini bakal terjadi, manakala ke-4 partai pemgusung menemukan kata sepakat untuk merekomemdasikan seseorang di luar kader maju menjadi bacawabup. Kemungkinan semua bisa terjadi, tinggal bagaimana upaya atau kepiawaian bacawabup itu sendiri untuk mendapatkan restu partai pengusung.

Seperti yang di katakan Wakil Ketua Dewan Pimpinan.Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Lampung Utara, Suwardi, SH, MH, CM., meski pencalonan bacawabup hak ke-4 partai pengusung, bukan berati menutup hak calon lainnya. Memang, dilemanya akan mempermalukan partai pemgusung, manakala itu terjadi.

Sebab, ke-4 partai pengusung mempunyai kader-kader hebat dan layak untuk di calonkan. Seperti dari PAN, ada Darwin Difni, dan Nety Hastuti. Lalu, dari DPC Gerindra, ada Patimura. Dari DPD PKS, Agung Utomo, dan DPD Nasdem ada H. Imam Syuhada dan lainnya. Kesemuanya, merupakan kader potensial dari partai pengusung.

“Calon lain bisa saja, tapi pintu.masuk harus dari 4 partai ini. Tapi, semua bisa di lakukan jika partai pemgusung tidak ada calon,” kata Suwardi, Kamis (12/11/2020).

“Tapi, tidak mungkin juga partai pengusung minus kadernya. Apalagi, Empat partai ini, punya kader hebat dan layak,” lanjut Suwardi.

Apa yang di sampaikan Suwardi tersebut, sangat rasional. Mengingat, pasca di lantiknya H. Budi Utomo, menjadi bupati, ke-4 partai sudah mempersiapkan nama bacawabup yang di usulkan kepada dewan pimpinan tertinggi partainya masing-masing.

“Tentunya, semua partai pengusung sudah melakukan hal ini. Tinggal, bagaimana proses selanjutnya untuk menetukan dua nama.bacawabup ke bupati, dan akan dipilih oleh DPRD,” terangnya.

Ini juga di akui.oleh ketua DPD Partai  Nasdem Lampura, H. Imam Syuhada. Jika, partainya telah mengusulkan 6 nama kepada pimpinan tertinggi Partai Nasdem.

“Kita telah mengusulkan 6 nama bakal.calon, jadi kita menunggu saja apa yang menjadi amanat partai,” kata Imam.

Menanggapi statement bupati tentang “wabup jangan ada niat lain” baik Imam maupun Suwardi, mengatakan itu yamg semestinya di lakukan bacawabup sebelum di lantik menjadi wakil bupati.

“Semua harus komitmen, untuk membangun lampung utara. Dan ini, berlaku bagi bacawabup. Agar, perjalanan membangun lampura terwujud manakala bupati dan wakilnya bersinergi. Insha Allah, jika bacawabup berkomitmen, maka kita mendapatkan dan menemuka wabup yang baik,”  jelas Imam. (Ainun)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *