Dinas DPPKB Lamteng, Fokus Pendataan Keluarga 2021

Img 20210322 Wa0046

Lamteng – “Saat ini, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Lampung Tengah  saat ini, sedang fokus dalam program pendataan keluarga 2021. Dimana akan mendata keluarga menuju keluarga sejahtera,” Itulah yang disampaikan Kepala Dinas DPPKB Lamteng, Eduart Hasan, yang di dampingi Sekretaris, Damayanti, saat menerima kunjungan Ketua LSM GIPAK Lamteng, Merta Susanti, diruang kerjanya, Senin (22/03).

Lalu kata Eduart. Program pendataan keluarga, adalah program lima tahunan BKKBN dalam rangka mendapatkan data keluarga lndonesia, sesuai dengan UU No.52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan, dan pembangunan keluarga, yang di perkuat dengan peraturan Pemerintah No.87 Tahun 2014, tentang perkembangan kependuduka, dan pembangunan  keluarga berencana.

“Nanti setelah kita data, akan kita ketahui apakah dalam keluarga tersebut ada yang belum memiliki KTP, atau memiliki hunian yang kurang layak, atau hunian tersebut belum memiliki surat kepemilikan yang sah, atau juga di keluarga itu ada yang sedang dalam keadaan sakit dengan keterbatasan biaya, dan lain sebagainya. Dalam pendataan itulah, nantinya kita juga akan mendeteksi keberadaan stunting,” terang Eduart.

Lrbih rinci Eduart menjelaskan, dari data-data yang didapat maka akan  ajukan kesatuan Kerja (Satker) di masing-masing di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemkab.Lamteng. Untuk lebih mempermudah sistem kerja pendataan itu, pihaknya sedang melakukan pembuatan Jaringan Sistem lnformasi Keluarga (SIGA) yang saat ini masih dalam pembahasan. Agar dengan menggunakan sistem tersebut, pengelolaan pendataan keluarga yang ada di Lamteng, dapat lebih efisien, praktis, dan lebih akurat terdata.

“Kita berharap dalam program ini, akan mendapatkan data mikro yang valid. Agar dapat bermanfaat bagi seluruh keluarga, khususnya yang ada di Kab.Lamteng, serta dukungan dari semua pihak,” harap dia. (*)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *