Kursi Wabup Lampura, Tarung Bebas..?

Img 20210328 200854

Nampaknya, kekosongan kursi Wakil Bupati Lampung Utara di prediksi bakal seru. Masing-masing partai pengusung, telah mempersiapkan calonnya. Bahkan, 4 kandidat di kabarkan telah mendapat restu dari Dewan Pimpinan Pusat Partainya.

Dari 4 partai pengusung pasangan Agung-Budi, 3 partai di gadang telah menyiapkan kadernya untuk menduduki kursi Wabup tersebut. Seperti Partai PKS, identik dengan nama Agung Utomo, dan  di kabarkan  telah mendapat restu dari partainya. Lalu dari Partai Gerindra ada Patimura, Partai Nasdem ada H. Imam Suhada, sedangkan dari Partai Amanat  Nasional (PAN), masih belum menentukan siapa kader yang bakal di usulkan menjadi Wabup Lampura.

Melihat kompetitor diatas, di prediksi pemilihan wakil bupati yang di laksanakan DPRD Lampung Utara bakal sengit. Bahkan, bakal di prediksi terjadi tarung bebas bagi calon yang di usulkan Bupati nantinya jika tidak ada musyawarah mufakat dari ke-4 partai pengusung.

Meski demikian, dari nama kandidat  diatas ada dua nama yang ramai di bicarakan. Namun, dua nama tersebut belum dapat di pastikan menjadi kompetitor pilwabup. Sebab, semua tergantung usulan dari Bupati dan Tata Tertib (Tatib) Pemilihan yang di terbitkan DPRD Lampura Tentang, berapa nama calon Wakil Bupati yang di atur dalam Tatib tersebut. Jika 4 calon, maka calon dari ke-4 Partai akan terakomodir. Jika hanya 2 calon, maka di sinilah peran Bupati sendiri menentukan nama bakal calon yang di terimanya dari partai pengusung untuk di usulkan ke DPRD.

Saat ini, calon yang di usulkan tinggal menunggu Tatib DPRD. Berapa calon yang berhak di usulkan, serta menunggu keputusan bupati tentang nama yang bakal di usulkan ke DPRD. Kendati demikian, tidak ada alasan juga partai pengusung untuk tidak mengusulkan nama kadernya menjadi kandidat calon wabup kepada Bupati.

Penulis. : Rolly Johan, SH

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *