PWI Lampura Dan Lapas Kotabumi, Ziarah Kemakam Minak Trio Deso

Img 20210604 Wa0036

Abung Tinggi – Dalam rangka mengenal sekaligus mengenang leluhur, maka jajaran Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lampung Utara bersama Tim Bhakti Sosial Merah Putih Narapidana Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabumi melakukan wisata Religi ke situs makam leluhur Minak Triodeso, di Desa Skipi Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten setempat. Jumat (4/6/2021).

Kegiatan bhakti sosial PWI dan Lapas Kotabumi memang bukan kali pertama, bahkan ini merupakan kegiatan bersama untuk sekian kalinya. Dan hal ini di akui oleh Kalapas Kelas IIA Kotabumi, Endang Lintang Hardiman.

” Terimakasih kepada PWI Lampura yang telah mengajak dan menggandeng kami, untuk membersihkan dan memperbaik dan sekaigus ziarah ke makam Minak Triodeso,” kata Kalapas, Endang Lintang Hardiman.

Selain itu, lanjut Endang. Kegiatan Bhakti Merah Putih Narapidana,  bertujuan untuk melindungi dan menjaga Situs bersejarah. Agar  keasliannya tetap terjaga, dan  masyarakat dapat menerima kembali warga binaan ketika mereka kembali ke masyarakat.

”Dengan hadirnya warga binaan untuk bhakti sosial, kita berharap masyarakat dapat menerima kembali kehadiran warga binaan setelah seleasi menjalani binaan,” harapnya.

Ditempat hang sama, Ketua PWI Lampung Utara, Rozi Ardiamsyah mengatakan. Cagar budaya merupakan,  salah satu aset daerah yang harus dijaga dan dilestarikan oleh semua lapisan masyarakat. Terutama pemerintah daerah, agar dapat meningkatkan akses jalan menuju situs makam minak tro deso.

”Jika akses jalan baik, maka ini dapat menjadi potensi daerah bagi yang ingin melakukan wisata religi,” Terangnya.

Apalagi, kata Rozi. Makan Minak Triodeso adalah salah satu situs bersejarah atau cagar budaya yang ada di kabupaten Lampung Utara.

”Kita berharap, masyarakat di Kecamatan Abung tinggi dapat bergotong royong bersama menjaga kelestarian Makam Minak Triodeso ini,” Tukasnya. (*)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *