Hendri, SH, MM “Stock Simbako Dan Harga Jelang Idul Adha, Tetap Aman Terkendali”

Img 20210716 123842

KOTABUMI – “Alhamdulillah, kebutuhan simbako dan harga di pasar masih aman dan terkendali. Sehingga dapat mencukupi kebutuhan masyarakat, dalam menyambut hari raya Iduk Adha nanti. Demikian yang di sampaikan Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Lampung Utara, Hendri, S.H, M.M, usai  melakukan inspeksi Mendadak (Sidak) ke pasar Central Kotabumi, Jum’at (16/7/2021).

Selain mengecek harga, Hendri pun mengecek ketersediaan simbako. Sehingga, tidak ada kekurangan sampai dengan hari raya.

“Di samping cek harga, sidak ini untuk mengecek ketersediaan simbako cukup atau tidak jelang hari raya, kebetulan kegiatan ini merupakan agenda rutin Disdag,”” kata Hendri.

Dalam sidak ini lanjutnya, dirinya tak menemukan kenaikan harga yang signifikan. Begitu juga dengan  ketersediaan Sembako di pasar-pasar Lampura, masih dalam kondisi aman.

“ini juga akibat PPKM berbasis Mikro yang diberlakukan oleh Pemkab, membuat daya beli masyarakat menurun fan hargapun cenderung stabil,”mbuh Hendri.

Meski demikian, dia juga mengakui adanya kenaikan harga untuk daging sapi, dari Rp. 120.000 menjadi Rp. 130.000, cabe rawit merah dari Rp. 35.000 menjadi Rp. 40.0000, cabe merah besar dari Rp. 18.000 menjadi Rp.25.000 dan bawang merah ada kenaikan Rp 7.000.

Sebaliknya, untuk harga komoditi seperti kopi bubuk terjadi penurunan, dari Rp.19.000 menjadi Rp. 18.500. Begitu juga dengan Beras masih seperti pekan lalu, Beras premium Rp.12.500, jenis standar Rp. 10.000.

“kenaikan ini dipicu karena ada keterlambatan transportasi pengiriman dari produsen, namun telah kami komunikasikan dengan penyuplai barang agar tidak ada hambatan sampai Idul Adha” ujar Hendri.

Terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid 19, Kadisdag Lampura juga menghimbau agar pihak pengelola pasar terus mensosialisasikan hal tersebut.

“Saat ini tim kami telah menginvetarisir jumlah pedagang di pasar Central dan lainnya untuk diajukan ke Dinkes, agar segera di Vaksinasi Covid 19,” Jelas Hendri (*)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *