Sat Pol PP Akan Razia Gelandangan Dan Pengemis

Img 20210928 182053

Lampung Utara – Satuan Polisi Pamong Praja Lampung Utara menyatakan akan lebih meningkatkan razia terhadap gelandangan dan pengemis yang kerap berkeliaran di pusat kota. Pernyataan itu sebagai respon dari keluhan DPRD Lampung Utara terkait keberadaan gelandangan dan pengemis.

“Kami akan lebih meningkatkan razia terhadap gelandangan dan pengemis‎ atau anak jalanan di masa mendatang,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Lampung Utara, Firmansyah, Selasa (28/9/2021).

Menurutnya, selain untuk merespon ‎keluhan kalangan legislatif, razia ini juga ditujukan untuk meminimalisir hal yang tak diinginkan di masa mendatang. Dengan begitu, para pengguna jalan akan lebih merasa aman dan nyaman saat melintas di jalan.

“Semoga ke depannya tidak ada lagi gelandangan dan pengemis atau anak jalanan yang berkeliaran di jalan,” tuturnya.

Meski begitu, ia mengatakan, ‎penertiban terhadap pengemis atau sejenisnya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Berulang kali ditertibkan, berulang kali juga mereka kembali ke tempat yang sama.

“‎Sebenarnya ada sedikit peran masyarakat dalam persoalan ini karena kerap memberikan sedekah pada mereka di hari Jumat, tapi kami juga tidak bisa menyalahkan mereka. Sudah menjadi kewajiban kami ‎untuk melakukan penertiban,” kata dia.‎

Keluhan tentang keberadaan pengemis, gelandangan atau anak jalanan disampaikan oleh anggota DPRD Lampung Utara, Sandi Juwita dalam sidang paripurna DPRD Lampung Utara pada Senin (27/9/2021). Ia meminta pemkab membuat sebuah kebijakan untuk mengatasi hal tersebut.

“Banyak anak jalanan (pengemis dan gelandangan) yang muncul khususnya di hari Jumat. Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Sosial mohon diperhatikan hal ini,” terangnya.

Banyaknya anak jalanan ‎yang berkeliaran khususnya di hari Jumat tersebut, kata dia lagi, hendaknya segera dicarikan solusi oleh pihak eksekutif. Pembinaan terhadap mereka sangat diperlukan sehingga mereka tak lagi berkeliaran di jalanan.

“Kasihan mereka itu. Hendaknya rekan – rekan eksekutif melakukan pembinaan dan memperhatikan keluhan mereka,” ucap dia.‎(*)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *