H. Nizwar Bacalon Ketu PWI, Menjadi Asesor UKW Sumsel

Img 20211109 Wa0068

Muara Enim – Bakal calon Ketua PWI Lampung H. Nizwar menjadi asesor dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat Madya, di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Selasa, (9/11/2021).

Dalam Uji Kompetensi Wartawan angkatan ke-35 Provinsi Sumsel ini berlangsung di ruang rapat off room Serasan Sekundang, dibuka oleh Pj. Sekda Muara Enim Drs. H. Emran Thabrani, MSi. Yang juga di hadiri Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Pusat H. Ocktaf Riadi, SH., Ketua PWI Sumsel H. Firdaus Komar, S.Pd. M.Si., Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Lampung Dr. H. Iskandar Zulkarnain, MH. Ketiganya sekaligus menjadi assesor, dan Ketua PWI Muara Enim Siswanto SE., SH., dan Forkopimda setempat dan para undangan.

Menurut Ketua PWI Muara Enim Siswanto, terselenggaranya UKW berkat  berkerjasama dengan Dinas Kominfo setempat. Tujuannya adalah memberikan pemahaman Undang Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan KEJ serta Kode Perilaku Wartawan kepada organisasi perangkat daerah, stakeholder dan para insan pers.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, bisa bermanfaat dan lebih memahami akan tugas dan fungsi pers,” ujarnya.

Tak lupa, Pj Sekda Muara Enim Emran Thabrani mengapresiasi misi dan sosialisasi UU Pers dan UKW demi terwujudnya kehidupan pers nasional yang merdeka, profesional, bermartabat dan beradab.

“Sekaligus terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat dan benar,” ucapnya.

Dalam sosialisasinya, Ketua DKP PWI Lampung Iskandar Zulkarnain membeberkan detil KEJ dan Kode Perilaku Wartawan. Dilanjutkan UKW. Ia jadi assesor untuk jenjang Utama.

Sementara Nizwar pada hari pertama,  uji jenjang Madya merampungkan lima tahapan unjuk kerja. Ia memastikan enam peserta yang diuji dapat memahami dan memastikan penerapan KEJ dan hukum atau UU terkait pers, mengidentifikasi atau koordinasi liputan antara Madya dengan wartawan Muda, rapat redaksi dengan wartawan Utama, menulis feature dan merencanakan liputan investigasi. (*)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *