Terkait Kekurangan Kotak Suara, DPMD Perbolehkan Panitia Ambil Kibijakan

Img 20211208 155033

KOTABUMI – Dinas ‎Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Lampung Utara‎ memperbolehkan panitia Pemilihan Kepala Desa serentak untuk mengambil kebijakan sendiri terkait kekurangan kotak suara. Pasalnya, kotak suara yang mereka siapkan untuk setiap desa hanya satu unit saja.

Pilkades serentak yang diikuti oleh 141 desaLampung Utara ‎sendiri dilaksanakan pada hari ini (8/12/2021). Hasil pemungutan suara Pilkades diperkirakan dapat diketahui pada sore atau malam hari ini.‎

“Setiap desa hanya memperoleh satu unit kotak suara dalam Pilkades ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Lampung Utara, Abdurahman, Rabu (8/12/2021).

Adapun total kotak suara yang dipersiapkan sesuai dengan jumlah desa yang akan melaksanakan Pilkades, yakni 141 desa. Jika kotak suara yang tersedia dirasa tidak m‎encukupi, para panitia pemilihan Pilkades dipersilakan untuk melengkapinya sesuai dengan kemampuannya masing – masing.

“Kalau di desanya ada beberapa tempat pemungutan suara, tentu kotak suaranya enggak cukup. Panitia Pilkades boleh meminjam atau menyewa ke pihak lain,” jelasnya.

Pengadaan kotak suara ‎dalam Pilkades kali ini menelan biaya sekitar Rp70-an juta, sedangkan nilai pengadaan surat suara dan undangan pemilih mencapai Rp644-an juta. Adapun pengadaan kotak suara, pengadaannya menggunakan sistem pengadaan langsung.

“Sementara pengadaan surat suara dan undangan menggunakan sistem lelang,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Lampung Utara, Ismirham Adi Saputra, logistik Pilkades yang dipersiapkan oleh ‎mereka hanya berupa kotak suara, surat suara, dan undangan pemilih. Untuk bilik suara atau kekurangan kotak suara, panitia Pilkades diperbolehkan untuk mengupayakannya sendiri – sendiri.

“‎Boleh pinjam atau sewa jika memang kurang atau enggak ada. Yang enggak boleh itu kalau hasil minjam, tapi dilaporannya dibuat hasil sewa,” tuturnya. (*)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *