PPK DPUPR Lampura Kompak Mengundurkan Diri

Img 20211116 202056

KOTABUMI – Pasca di tahannya Ya, pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PUPR Kabupaten Lampung Utara, menjadi bencana besar di Dinas tersebut. Pasalnya, banyak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lampung Utara lainnya dikabarkan mengundurkan diri.

Sebelumnya Ya, Kepala Seksi Pengelolaan Air Minum di Bidang Cipta Karya DPUPR yang juga (sempat) menjadi PPK dan AA (kontraktor) ditahan Kejari dalam perkara dugaan penyimpangan Jalan Kalibalangan-Cabangempat pada Selasa malam (21/12/2021). Total kerugian dalam perkara ini diduga mencapai Rp794 juta. Proyek ini sendiri merupakan proyek tahun 2019 dengan nilai sekitar Rp3,9 miliar.

“Kalau (PPK) yang mengundurkan diri, satu atau dua orang. Itu mungkin alasan keluarga,” ucap Kepala DPUPR Lampung Utara, Syahrizal Adhar, Selasa (28/12/2021).

Pengunduran diri tersebut, kata Syahrizal, sejatinya memang hak masing – masing dari PPK. Namun, hendaknya pengunduran diri itu ‎juga dibarengi dengan alasan yang jelas. Jika memang alasannya karena persoalan hukum, persoalannya seperti apa juga harus dijelaskan.

“Persoalan hukumnya seperti apa kok sampai mengundurkan ‎diri (juga harus jelas). Kan gitu,” ujar dia.

Meski begitu, Syahrizal mengaku masih belum menyetujui rencana pengunduran para bawahannya tersebut. Ia telah memerintahkan kepala bidang yang membawahi kedua PPK tersebut untuk melakukan pembinaan terhadap mereka.

“Kalau alasannya dia pernah melakukan kesalahan. Kita periksa dulu. Kalau alasannya keluarga, ya kami terima. Pengajuan pengunduran diri mereka pasca insiden Ya,” jelasnya.

Ia meminta bawahannya untuk bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing – masing. Tujuannya, agar peristiwa serupa tidak lagi terulang di kemudian hari. Dengan bekerja sesuai tupoksi maka tak perlu ada yang dikhawatirkan.

“Sederhana saja. Pelajarin aturan yang ada. Sudah. Jadi, enggak ada yang perlu kita takutkan,” pinta dia. (*)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *