Wakil Ketua I DPRD Provinsi Lampung Dukung Proses Belajar Mengajar Secara Tatap Muka

11

Bandar Lampung – Wakil Ketua I DPRD Provinsi Lampung, Elly Wahyuni berharap proses belajar mengajar bisa dilaksanakan secara tatap muka. Namun tetap dengan penerapan protokoler kesehatan.

Proses belajar mengajar melalui virtual yang diberlakukan selama masa pendemi dirasa kurang efektif dan menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

Berbagai masukan dan saranpun telah disampaikan masyarakat pada Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung.

“Saat kami turun ke bawah (reses/jaring aspirasi), banyak wali murid protes kalau belajarnya daring (dalam jaringan) terus seperti sekarang,” kata dia, Selasa (9/3/2021).

Protes tersebut dipicu banyak hal. Salah satunya karena banyaknya siswa yang makin liar.

“Ada anak SMP itu yang sudah berjualan, untuk menyambung hidup karena banyak waktu luang,” tutur politisi asal Partai Gerindra itu.

Selain itu, ada juga wali murid yang mengeluhkan pola belajar daring yang harus menggunakan teknologi informasi berbasis internet. Mengingat kemampuan wali murid berbeda-beda, satu sama lainnya.

“Untuk daring itu ada yang tidak punya HP (telepon genggam/gatget). Ada yang punya HP tapi tidak kebeli kuota internet,” ucapnya.

Meski demikian, Elly mengucap syukur, saat ini sudah ada kabar baik dari pemerintah pusat. Kabar itu terkait akan dibuka kembali sekolah tatap muka di pertengahan tahun 2021.

“Masalah ini sudah kita bawa dalam rapat dengan fraksi. Kita sudah sepakat, mendukung kebijakan pemerintah yang kabarnya akan mengadakan belajar tatap muka kembali pada Juli,” jelasnya.

Dukungan itu karena beberapa alasan, diantaranya kebijakan tersebut dirasa akan meringankan beban wali murid.

“Sisi positifnya dari segi ekonomi keluarga sudah pasti diringankan. Kedua, belajar tatap muka itu bisa lebih sampai ilmunya,” ucapnya.

Meski demikian, ada beberapa pekerjaan rumah masing-masing instansi pendidikan dalam menyambut belajar tatap muka. (*)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *