Lampung Barat Gelar Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting

Screenshot 20220608 160405

LAMBAR – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat gelar kegiatan Rembuk Aksi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023 yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Lampung Barat Drs Hi Mad Hasnurin, kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Keagungan Kantor Pemerintahan Setempat,Rabu (8/06/2022/. 2022.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin, menjelaskan bahwa,hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021, tingkat jumlah keseluruhan stunting Provinsi Lampung Sebesar 18,54% dan tingkat populasi stunting Kabupaten Lampung Barat sebesar 22,74%.

“Saya harap kegiatan rembuk pada hari ini, dapat meningkatkan komitmen kita bersama, dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lampung Barat” ungkap Wakil Bupati.

Wakil Bupati menjelaskan, bahwa pada awal Agustus 2021 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah mengeluarkan peraturan Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepat Penurunan Stunting .
Peraturan itu adalah wujud pemerintah pusat dalam mendorong target Nasional penurunan stunting sebesar 14% pada tahun 2024. Yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Agustanto Basmar, juga melanjutkan, balita di 15 kecamatan yang ada di Lampung Barat cukup tinggi, yaitu sebanyak 2611% atau 10,97%. Hal itu berdasarkan sumber data dari Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGMB) tahun 2020 ia menuturkan penanganan stunting tersebar di 6 Kecamatan dan 12 Pekon yang ada di wilayah setempat.

Pekon lokus penurunan stunting di Lampung Barat yaitu Kecamatan Sumber Jaya Pekon Sindang Sari.Kemudian Kecamatan Kebun Tebu Pekon Trubudi Syukur, Kecamatan Suoh Pekon Banding Agung dan Sumber Agung, Kecamatan Bandar Negeri Suoh Pekon Gunung Ratu, Tanjung Sari dan Negeri Jaya, Kecamatan Belalau Pekon Suka Makmur dan Bumi Agung, dan Kecamatan Batu Brak Kota Besi, Sukabumi, dan Sukaraja, dan kita berharap apa yang menjadi tujuan kita untuk menekan angka stunting di Lampung Barat bisa terwujud,” tutupnya

Pemkab Lambar hadirkan Dosen Universitas Lampung (Unila) Dr. Bartoven Vivit Nurdin, M.Si. dan Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Uki Basuki sebagai narasumber kegiatan itu.

Kegiatan tersebut ditandai penandatanganan Komitmen bersama oleh wakil Bupati Lampung Barat (Lambar) Drs. Mad Hasnurin, Forkopimda Lampung Barat, Kepala Bapeda, Kepala Dinas Kesehatan, Camat serta Peratin setempat. (Eki)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *