Sempat Tertunda, Festival Skala Beghak Lambar Akan Kembali Di Laksanakan

Img 20220704 Wa0023

Lampung Barat -Keberagaman etnik dan budaya di Indonesia ada lebih dari 1.340 suku bangsa,hal itu menurut sensus Badan Pusat Statistik pada tahun 2010, dari sekian banyaknya suku bangsa tentunya budaya dan kearifan lokalnya beragam, Indonesia sendiri merupakan suku bangsa terbesar di Dunia, keingintahuan wisatawan asing bahkan lokal akan budaya itu cukup besar.

Sebagai Kabupaten Pariwisata Lampung Barat (Lambar) tentunya memerlukan promosi yang luas sehingga nantinya berdampak pada minat wisatawan untuk mengunjungi suatu daerah, hal itu bisa mendongkrak pendapatan masyarakat maupun daerah.

Usaha dan upaya pemerintah harus memiliki gebrakan sehingga wisatawan mancanegara dan Nusantara tertarik untuk mempelajari dan melihat keunikan alam, makanan khas dan budaya suatu daerah.

Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggagas Festival Skala Bekhak,Tujuan selenggarakannya kegiatan tersebut untuk menarik minat wisatawan mengunjungi Festival Sekala Bekhak dengan daya tarik serta terciptanya image yang positif terhadap Kepariwisataan Lampung Barat sebagai spirit sumber penciptaan kreatifitas seni kekinian yang multidimensional agar menjadi warisan pusaka yang diharapkan terdapak pada ekonomi masyarakat sekarang bahkan generasi mendatang.

Meski sempat tertunda selama dua tahun dikarenakan pandemi covid-19, Festival Sekala Bekhak pada tahun 2022 akan kembali di gelar, rencananya kegiatan itu akan dilaksanakan dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 13 juli 2022 mendatang. Hal itu dibahas oleh Pemkab Lambar pada Senin (04/7/2022), di Aula Kagungan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab).

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lampung Barat Drs. Nukman
menjelaskan, kegiatan Festival Sekala Bekhak tersebut nantinya akan menitik beratkan kepada kegiatan budaya, Festival ini akan memamerkan musik, makanan dan adat masyarakat setempat serta kebiasaan masyarakat Lampung yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

” Festival nanti akan kita laksanakan pada 10-13 juli 2022 yang akan berlangsung di Lapangan Merdeka Pasar Liwa” ungkap Nukman.

Festival Sekala Bekhak kali ini akan dimeriahkan beberapa rangkaian acara, diantaranya lomba orkes gambus dan lomba nyambai. Kegiatan festival sekala bekhak pada tahun 2022 ini akan dilangsung selama tiga hari tiga malam, di mulai pada tanggal 10-13 juli.

Sedikitnya perlombaan orkes gambus nanti akan diikuti oleh 63 grup yang terdapat di Kabupaten Lampung Barat. Sedangkan untuk perlombaan nyambai sendiri akan diikuti oleh 67 grup.

“Dengan demikian daya tarik budaya inilah yang akan kita tonjolkan untuk menarik para wisatawan yang berkunjung ke Lampung Barat” ungkap Nukman.

Nukman berharap dengan diadakannya Festival Skala Bekhak ini dapat menimbulkan rasa keinginan tahuan para wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga nantinya bakal banyak wisatawan yang penasaran dengan budaya yang ada sehingga keadaan tersebut tentunya bakal memekarkan ekonomi masyarakat setempat dan juga pemerintah daerah. (Eki)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *