Manasik Haji Tuba, Di Ikuti 173 Calhaj

Img 20230516 Wa0019

Tulang Bawang – Kementerian Agama (Kemenag) memberikan pembekalan manasik haji kepada 173 calon jamaah haji asal daerah setempat. Dari jumlah tersebut, ada sembilan orang CJH di antaranya lansia dengan usia tertua 96 tahun. Manasik ini dilaksanakan si aula islamic center Menggala, Selasa (16/5/2023).

Kegiatan itu merupakan agenda wajib Kemenag Kabupaten Tulangbawang untuk membekali para JCH, apa saja yang harus dilakukan setibanya di tanah suci.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tulangbawang, A Jalaluddin mengatakan, manasik haji ini agenda untuk mendukung pelaksaan ibadah haji agar berlangsung secara lancar, aman, dan mencapai haji mabrur.

“Bimbingan manasik haji bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan bagi jamaah serta untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat islam,” kata A Jalaluddin.

Dia menjelaskan, musim haji 1444 hijriah Tulangbawang mendapatkan kuota 230 CJH, terdiri dari 186 reguler dan 44 cadangan. Dari jumlah itu, 173 jamaah telah menyelesaikan administrasi dan terdapat 57 CJH terkonfirmasi menunda keberangkatannya tahun ini.

Dia mengatakan, masa pelunasan biaya haji kembali di perpanjangan selama sepekan hingga, 19 Mei 2023. Sementara untuk manasik haji tingkat kecamatan di mulai 22 Mei.

“Harapan kami waktu perpanjangan ini dapat dimanfaatkan untuk 42 CJH kuota tambahan dan 57 CJH yang sempat menunda keberangkatannya untuk melunasi biaya haji,” jelasnya.

Kasi haji dan umroh Kantor Kemenag Tulangbawang, Zainal Arifin mengatakan selain manasik haji kegiatan hari ini turut pemberian vaksin meningitis dan juga vaksin influenza.(Juandi)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *