Ardian, Hamartoni Dan Endah

Screenshot 20240506 143416

“Ardian, Hamartoni Dan Endah”

Oleh : Rolly Johan, SH
Senin, 06 Mei 2024

Pelaksanaan Pilkada serentak masih terhitung Tujuh bulan kedepan, beberapa nama bakal calon kepala daerah (Bacakada) sudah mulai bermunculan, seperti Hi. Ardian Saputra, SH, mantan Wakil Bupati Lampung Utara yang baru saja habis masa jabatannya, Dr. Ir. Hamartoni Ahadis, dan Endah Kartika Prajawati, S. STP, MH, sebagai bakal calon Bupati Lampung Utara periode 2024-2029.

Berbagai spekulasi, prediksi bermunculan, dimana H. Ardian Saputra digadang-gadang akan berpasangan dengan mantan Asisten III Pemkab Lampung Utara, Ir. Sopyan, Dr. Ir. Hamartoni akan berpasangan dengan Ketua Nasdem Lampung Utara,, H. Imam Suhada, dan Endah Kartika Prajawati akan berpasangan dengan salah satu pengusaha muda Lampung Utara, Firman Sabay.

Meski baru prediksi, tapi ini sangat menarik perhatian untuk dibahas. Sebab dari ketiga calonbup diatas, semuanya sangat berpotensi terpilih menjadi bupati Lampung Utara kedepan. Sebab nama ketiganya sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, khususnya yang berada dipedesaan. Dimana Ardian mantan Wakil Bupati, telah terbiasa membaur dengan masyarakat saat beliau menjabat Wakil Bupati. Begitu juga dengan Dr..Ir. Hamartoni, juga membaur dengan masyarakat sejak beliau menjabat Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Lampung Utara. Apalagi Endah Kartika Prajawati, kaum hawa dipelosok pedesaan sangat menanti kehadirannya meski hanya datang sebentar, atau memenuhi undangan pesta, masyarakat sangat antusias menyambutnya.

Namun dari ketiga nama bacalonbup itu, baru dua yang telah terang-terangan melakukan loby-loby partai politik dalam dua pekan terakhir adalah Ardian dan Hamartoni. Sementara Endah, dapatt diibaratkan ‘Diam-diam Menghanyutkan’, namun mempunyai potensi terpilih menjadi Bupati. Apalagi gerakannya masif dan terstruktur, dalam bersosialisasi kemasyarakat.

Dr. Suwardi, SH., MH., Sekretaris Partai PAN Lampung Utara mengakui jika ketiga nama tersebut sering disebut bacalonbup, hanya saja saat ini baru Ardian dan Hamartoni yang mendaftar di DPD PAN, sementara Endah belum mendaftar atau mengambil.berkas.

“Ada tiga nama yang sering disebut bacalonbup, Ardian, Hamartoni dan Endah. Tapi yang mendaftar bacalonbup dari ketiga nama itu, baru Ardian dan Hamartoni”, jawab Suwardi saat bincang jarak jauh melalui whatsApp, Minggu 05 Mei 2024.

Suwardi juga menjelaskan, bahwa Bacalonbup yang intens komunikasi dan menjalin silahturahmi dengan beberpa partai baru Hamartoni.

“Sementara ini baru Hamartoni yang instens komunikasi dengan partai, untuk yang lain belum”, jelas Suwardi.

Harus diakui, dalam dua pekan terakhir Hamartoni terus melakukan komunikasi politik dengan beberapa Partai Politik Lampung Utara pasca pemgambilan maupun pengembalian berkas bacalonbup. Bahkan, pendekatan diri keparpol secara terang-terangan dan terbuka telah dilaksnakan pada pekan lalu dikediaman tokoh masyarakat, Ansory Sabak.

Dari tiga nama bacalonbup diatas, serta gerakan yang telah dilakukan.masing-masing bacalon, menurut saya baru sekedar penggiringan opini yang belum tentu kebenarannya. Sebab saya melihat konstalasi ini akan berubah dalam satu dua pekan kedepan atau pra kepaastian rekom partai bacalonbup keluar.

Meski Hamartoni digadang menjadi bacalonbup, dalam hitung-hitungan atau prediksi saya, Hamartoni akan mantap di posisi bacabup dan bukan bacawabup serta tidak menutup kemungkinan akan berpasangan dengan Endah Kartika Prajawati.

Meskipun belum final, nama Endah ini sudah mulai dibahas dan hampir mengkrucut sebagai bacawabup Dr. Ir. Hamartoni. Jadi ,untuk kebenaran prediksi konstalasi ini tinggal menunggu waktunya saja. Sebab dua nama bacawup, sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Lampung Utara. (*)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *