23 KPM Kampung Catur Karya Buana Jaya Terima BLT-DD Tahap Dua

Img 20230704 Wa0015

Tulang Bawang – Pemerintah Kampung (Pemkam) Catur Karya Buana Jaya, Kecamatan Banjar Margo, sukses membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap Dua Tahun 2023 kepada 23 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyerahan dihelat di Aula rapat kampung setempat.

Hadir pada pembagian BLT-DD, tenaga ahli Kabupaten Tulangbawang Zainul Mustofa, Camat Banjar Margo, Babinsa, Babinkamtibmas, Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya Egifson, pendamping desa.

Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya Egifson, mengatakan pembagian BLT-DD triwulan dua yaitu setiap KPM menerima uang tunai sebesar Rp300.000 per bulan, dengan catatan pembayaran dilakukan untuk bulan April, Mei, dan Juni. Jadi, total jumlah yang diterima oleh setiap KPM adalah sebesar Rp900.000.

“Kepada KPM agar bisa memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik mungkin, agar bantuan pemerintah yang sudah diberikan dapat bisa bermanfaat bagi keluarga penerima,” jelas Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya Egifson.

Dijelaskan Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya Egifson, pada Tahun 2023 ini BLT-DD difokuskan untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem. Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Prioritas Dana Desa Tahun 2023 terdapat Kriteria Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahun 2023 sbb :

1. Keluarga miskin yang berdomisili di desa bersangkutan, dan diutamakan untuk keluarga miskin ekstrim.
2. Keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis.
3. Keluarga dengan rumah tangga tunggal lanjut usia; dan/atau
4. Keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

“Semoga Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahun 2023 yang tersalur tahap satu dan tahap dua, dapat dipergunakan oleh Keluarga Penerima Manfaat sebaik – baiknya,” harap Egifson,.

Lebih lanjut Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya Egifson, mengatakan, penerima bantuan ini telah dipilih berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) dan berdomisili di Kampung setempat.

“Kami memastikan bahwa KPM yang menerima BLT-DD tidak terdaftar ganda dalam program jaringan sosial lainnya, dan sasaran penerima juga sesuai dengan hasil musyawarah beberapa waktu lalu,” ucap Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya Egifson,.

Lanjut Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya Egifson, pada Tahun 2023 ini Dana Desa untuk BLT dibatasi minimal 10 persen, dan maksimal 25 persen. Persentase BLT, itu diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022.

“Tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023, maka Untuk Jumlah KPM penerima di tahun 2023 ini persentasinya sedikit dari tahun 2022 kemarin,” terang Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya Egifson.

Masih dikatakan Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya Egifson, bahwa BLT-DD tahap pertama untuk bulan Januari, Februari, dan Maret telah disalurkan kepada masyarakat penerima manfaat pada bulan sebelumnya. Sedangkan pembagian BLT-DD tahap kedua yang dilakukan saat ini merupakan untuk bulan April, Mei, dan Juni.

“Alhamdulillah, hari ini sebanyak 23 KPM telah menerima BLT-DD tahap kedua,” jelas Kepala Kampung Catur Karya Buana Jaya Egifson. (Juandi)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *