Hasil Swab Tes 4 Orang Lampung Utara Sampai Sekarang Belum Keluar, Ini Penjelasannya

Img 20200408 Wa0372

Harianwarna.ID, KOTABUMI – Hasil Swab tes untuk 4 orang di Lampung Utara sampai saat ini belum ada hasil, padahal swab tes tersebut sudah dikirim oleh tim posko penangamam Covid-19 beberapa hari yang lalu ke Provinsi Lampung.

Hal ini dibenarkan ketua sekretariat posko Covid-19 Lampung Utara, Sanny Lumi, S. STP, M. Si., jika ada keterlambatan hasil swab tes tersebut.

“Kita sudah konfirmasi ke Provinsi mengenai hal.ini, memang ada kendala sedikit. Tapi insyaallah dalam.waktu dekat, hasilnya sudah keluar,” kata Sanny, di Posko Covid-19 Lampung Utara, Selasa (21/42020).

Untuk diketahui kata Sanny, Provinsi Lampung belum ada Laboratorium untuk pemeriksaan hasil swab tes. Sehingga, semua pemeriksaan dikirim ke Kota Palembang, Sumatera Selatan.

“Perlu diketahui, semua hasil itu keluarnya dari palembang baru ke provinsi lampung. Sebab, daerah kita belum tersedia Leb yang lengkap,” tuturmya..

Saat ini, kata dia. Ada kendala untuk hasil swab tes 4 orang yang sudah dikirim. Dari hasil konfirmasi pihaknya ke Provinsi Lampung, di Palembang kehabisan stock Reagen PCR.

“Itulah kendala sebenarnya, stock reagen yang sedang habis. Tapi yakin saja, ini tidak lama,” ujar Sanny.

Memang lanjut Sanny, meskipun hasil rapid tes positif, tapi tetap menunggu hasil swab tesnya. “Meski hasil rapid tes positif, tapi tetap saja kita menunggu hasil swabnya. Jika hasil rapid dan swabnya sama, maka kita cepat mengambil langkah,” jelasnya.

Sekedar di ketahui, ada perbedaan rapid tes corona dan pemeriksaan swab tenggorokan. Pemeriksaan rapid test yang dilakukan menggunakan sampel darah. Sedangkan pemeriksaan swab menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorokan. (*)

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *